Kenalan Yuk!: Access Point

“Kamu kenalnya WiFi?”

“Tapi nggak kenal aku?”

“Kamu jahat 😭”

Kurang lebih begitulah yang terjadi di kalangan anak muda jaman sekarang. Kita warga Indonesia khususnya pasti tau apa itu WiFi. Paling tidak, seumur hidup setidaknya kita pernah melihat sebuah warkop dengan spanduk bertempelkan logo Free WiFi di sana. Sudah sangat klise di kalangan masyarakat.

Tapi, tau nggak perangkat apa yang menyediakan WiFi tadi? Belum tau? Kalau gitu gak ada salahnya kenalankan? Kata orang, tak kenal maka tak… ya tau kan?

linksys-wrt1900ac-wireless-ac-router-launched
“Aku Access Point! Panggil aja AP.”

Kurang lebih beginilah rupa menawan dari perangkat bernama Access Point atau bisa disebut AP. Atau bisa disebut juga Wireless Router. Terlihat ada beberapa antena yang berfungsi menangkap sinyal atau memperluas sinyal jaringan. Beberapa yang terpasang di AP adalah port adaptor, port LAN, tombol reset, port untuk menempatkan antena, dan beberapa port ekspansi yang tentunya tergantung merek, jenis, dan tipe AP. AP memiliki banyak kegunaan, diantaranya:

  1. Sebagai penyedia jaringan nirkabel, atau simpelnya menyediakan WiFi
  2. Sebagai pengganti WAN Card, atau bisa disebut Client Mode
  3. Sebagai pemerluas atau penerus jaringan yang ada, disebut Repeater Mode
  4. Sebagai jembatan nirkabel, disebut Bridge Mode

Cara kerja AP sebagai penyedia WiFi sebenarnya tidak rumit. Pertama, AP terhubung dengan router dengan koneksi internet yang ada. Lalu, kita hanya perlu mengatur AP melalui komputer dan jika berhasil, maka jaringan akan disebarkan melalui AP. Tentunya, untuk menikmati hasilnya, kita perlu memakai gadget dengan ketersediaan WAN card atau semacamnya.

access_point
Cara Kerja AP

Lalu, apa saja untung dan rugi yang didapat kalau kita memakai AP? Salah satu keuntungan yang terlihat mencolok pastinya adalah AP bisa dipakai untuk melayani banyak client yang membutuhkan jaringan internet. Jadi, tidak perlu lagi berkilo-kilo meter kabel UTP atau sejenisnya dan menyediakan banyak switch, kita cuma perlu satu alat ini dan semua masalah selesai. Juga, AP punya banyak pilihan keamanan jaringan. Kerugiannya adalah pada konfigurasinya dan pada jenis enskripsi WEP (Wired Equivalent Privacy).

cartoon_signal_2

Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi dari perangkat ini kalau kalian eksplorasi lagi 😅 Di artikel berikutnya, akan saya jelaskan beberapa tutorial AP yang pastinya berguna bagi kalian semua. Sekian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s