Tutorial: Cara Setting Hotspot dengan Routerboard MikroTik

“Sekolah lu ada hotspotnya gak?”

“Eng….”

116528_0__116528-1

Oke, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara setting hotspot menggunakan Routerboard MikroTik. Sebelumnya, MikroTik adalah perangkat keras yang bisa dipakai sebagai komputer untuk menjadi router jaringan yang handal. Jadi, bisa dikatakan MikroTik adalah sebuah komputer. Jika ingin mengkonfigurasi MikroTik RB menjadi hotspot, berikut adalah langkah-langkahnya. Dan kebetulan kali ini tipe yang dipakai adalah MikroTik hAP series RB951Ui-2nD.

1. Pasang dulu Routerboard-nya dengan menancapkan adaptor ke port adaptor dan LAN dari port LAN di komputer ke port LAN yang ada di Routerboard.

2. Buka program Winbox. Jika tidak punya, bisa mendownload lewat website aslinya di sini.01

3. Maka akan muncul seperti gambar di atas.

02

4. Klik tombol 3 titik, maka akan muncul seperti di atas. Tunggu sampai muncul sebuah perangkat dengan MAC, IP dan seterusnya. Lalu klik pada teks di kolom MAC Address. Lalu Connect. Untuk Login-nya, ketikkan admin dan kosongkan saja form password-nya.

03

5. Akan muncul jendela RouterOS Winbox seperti di atas.

04

6. Klik menu Interfaces, maka akan muncul jendela Interfaces List. Di situ terlihat proses wlan1 masih ter-disable.

05

7. Maka untuk menyalakannya, klik baris wlan1, lalu klik tombol ceklist biru untuk meng-enable prosesnya.

06

8. Lalu konfigurasi wlan1 dengan klik dua kali pada baris wlan1. Pilih mode ap bridge. Lalu, Band dengan pilihan 2GHz-B/G/N untuk band yang paling baru. Juga ganti SSID bila perlu. Klik Apply, lalu OK.

07

9. Pilih Menu IP > Addresses. Maka akan muncul jendela Address List. Klik tombol plus biru, lalu isikan IP untuk ether3 (atau ethernet yang sedang dipakai di port LAN Routerboard-nya. Di sini saya memakai IP 192.168.105.1/24. Lalu Apply, akan muncul IP untuk Network-nya. Pada Interface, pilih ether3 (atau yang sedang dipakai sekarang). Klik OK.

08

10. Isikan juga IP untuk wlan1, di sini saya memakai IP 192.168.107.1/24. Jangan lupa mengisi Network dan memilih Interface ke wlan1. Lalu klik OK.

09

11. Pilih menu IP > Hotspot. Maka akan muncul jendela Hotspot. Pada tab Servers, klik tombol Hotspot Setup. Akan muncul jendela Hotspot Setup. Pada HotSpot Interface, pilih wlan1. Klik Next.

10

12. Maka IP Network lokal akan terisi otomatis. Cek Masquerade Network. Klik Next.

11

13. Address Pool akan terisi otomatis. Bisa juga diisi sesuka hati. Klik Next.

12

14. Pilih none untuk sertifikat. Klik Next.

13

15. Kosongkan IP SMTP Server. Klik Next.

14

16. Isikan DNS server dengan sembarang IP. Di sini, saya menggunakan IP Google, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, lalu Next.

15

17.Masukkan alamat DNS untuk masuk ke server hotspotnya. Pastikan memakai titik (.) untuk memisahkan tiap katanya, lalu diakhiri dengan domain .net. Jika dikosongkan, maka akan memakai IP WiFi untuk Loginnya.

16

18.Masukkan ID pertama untuk server lokal hotspot, lalu Next

18

19. Lalu pilih tab User Profile, klik tombol plus biru untuk menambahkan kategori user/pemakai. Isikan nama sembarang, lalu pada Address pool, pilih hs-pool-6 (atau yang ada). Klik OK.

17

20. Pilih tab Users. Klik tombol plus biru untuk menambahkan login user baru. Pilih server hotspot1 (atau all untuk semua jaringan yang ada). Isikan nama dan password. Pada profile, pilih yang sudah kita buat tadi. Klik OK.

19

21. Lalu pilih menu IP > DHCP Client. Klik tombol plus biru untuk menambahkan DHCP Client baru. Pilih wlan1 pada interface, dan clientid pada DHCP Options. Klik OK.

screenshot_2017-01-25-08-34-02

22. Maka WiFi Hotspot sudah siap. Untuk pengetesan, gunakan perangkat yang mendukung WiFi. Jika muncul SSID Hotspot yang sudah disetting, maka sambungkan. Masuk ke browser, lalu isikan DNS Name atau IP WLAN. Maka akan muncul jendela seperti ini. Isikan login dan password sesuai user-user yang sudah dibuat tadi. Klik OK.

screenshot_2017-01-25-08-34-29

23. Jika berhasil, anda bisa terkoneksi sekarang. Untuk mengecek status pemakaian internet, bisa dengan menambahkan /status  pada DNS Name atau IP WLAN yang sudah diisikan di kolom pengisian URL. Untuk keluar, tekan Log off.

wifi-suster

Gimana, mudah kan. Jadi sekarang kamu bisa setting hotspot pakai RB sendiri deh.Untuk pengenalan mengenai MikroTik RouterBoard, akan dijabarkan di artikel berikutnya. Sekian.

Sumber: Dok. Penulis
Sumber gambar: Dok. Penulis & Google Image
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s