Field Report: Kegiatan Seminar Sertifikasi MikroTik dan MoU SMK Negeri 3 Jombang – MikroTik Academy

“Eh eh… kemarin ikut acara seminar nggak?”

“Seminar apaan?”

Pada Hari Minggu  tanggal 5 Maret 2017 telah diadakan sebuah seminar yang bertempat di Lab TKJ Lantai 2 yang baru saja selesai dibangun di SMK Negeri 3 Jombang.

 

Peserta yang hadir di acara ini adalah sebagai berikut:

  1. Dedi Gunawan, selaku pembicara mewakili PT Integrasi Data Nusantara
  2. Drs. Gatot Wachid Widharto, M. M. Pd. selaku kepala SMKN 3 Jombang
  3. Drs. Mundhofar, M. M. Pd selaku Wakasek Bidang Humas, Industri, dan BKK
  4. Winarno, S. Pd. M. M. Pd. selaku Kepala Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika Industri
  5. Amiroh Adnan, S. Kom. selaku Kepala Kompetensi Kejuruan Teknik Komputer Jaringan
  6. Samsul Huda, S. Pd. M. Si selaku Kepala Kompetensi Kejuruan Teknik Gambar Bangunan
  7. Samsul Arifin, S. Pd selaku KAPROG. keahlian Teknik Elektronika dan Komputer Informatika
  8. Drs. Mukhdiad As’ad selaku guru kompetensi
  9. Serta para murid kelas X, XI, dan XII jurusan TKJ. Acara dibawakan oleh Austin Fascal dari kelas XII-TKJ.

1

Tujuan diadakannya acara ini adalah sertifikasi MikroTik dan peresmian kerja sama (MoU) antara SMKN 3 Jombang dengan MikroTik Academy bersama PT Integrasi Data Nusantara (IDN).

Mikrotik Academy adalah sebuah training center untuk mempelajari lebih dalam mengenai perangkat MikroTik. Beberapa mentor atau trainer MikroTik Academy di Indonesia adalah Rofiq Fauzi, Oky Tria Saputra, Ikhwanul Kurnia Rahman, Farras Afif Perdana, dan Untung Wahyudi. Mereka semua berasal dari ID-Networkers. MikroTik Academy melakukan training untuk sertifikasi MikroTik seperti MTCNA, MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUME, MTCINE,Ndan MTCIPv6E. Berlokasi di Jakarta Barat.

PT Integrasi Data Nusantara (IDN) adalah sebuah perusahaan yang terfokus pada bidang teknologi informasi, khususnya jaringan. Berlokasi di Jl. Anggrek Cendrawasih 2 11480 Palmerah – Kemanggisan, Jakarta Barat. IDN sudah banyak melakukan seminar-seminar bahkan sampai ke luar negeri. Negara-negara yang sudah mereka kunjungi antara lain Kamboja, Filipina, Kolombo, Langkawi, Thailand, Malaysia, Myanmar, Nepal, Eithopia, dan Singapura.

14

IDN Foundation juga merupakan salah satu basis training milik IDN itu sendiri. Sudah banyak training yang mereka lakukan di penjuru negeri. Contohnya, Training Wireless Wireless Guru SMK TKJ di Pesantren IDN Jonggol, Training Networking Guru SMK TKJ angkatan 11 Pesantren MadinatulQuran Jonggol, dan Training di SMK Informatika Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

Dalam seminar tersebut, diawali dengan sambutan Kepala SMKN 3 Jombang dilanjut sambutan dari beberapa guru yang hadir.Lalu, diisi dengan pak Dedi Gunawan dalam sesi sharing. Beliau menyampaikan materi berjudul “Cara Sukses Jadi Tenaga Kerja Murah Meriah”.

24

Sekilas tentang pak Dedi, beliau adalah seorang IT Network Consultant di PT IDN. Dia juga bekerja di ID-Networkers, Imastudio, dan vSchool. Pendidikan yang sudah ditempuhnya adalah D3 Polines Telkom 2000, S1 ITS jurusan Telekomunikasi Multimedia, dan S2 UI jurusan Jaringan Informasi Multimedia. Beliau juga mengadakan social education di SMP SMK IDN dan IDN Foundation.

25

Materi yang disampaikan pak Dedi menerangkan apakah anda manusia yang mahal atau bukan.

Tak semua orang adalah orang-orang yang dikategorikan sebagai manusia yang mahal Jika anda ingin bekerja dengan gaji yang mahal, tanyakan pada diri anda, skill mahal apa yang sudah saya punya?  Contohnya pemain bola terkenal Christiano Ronaldo. Ia hidup kaya dan bergelimang harta. Itu semua karena apa? Dia memiliki skill yang mahal. Namun, jika dibandingkan dengan harta-hartanya seperti sepatu bola, mobil sport, bahkan rumah miliknya, masih lebih mahal si prmiliknya. Karena dia memiliki kemampuan yang tidak semua orang punya. Sedangkan kebanyakan pelajar dengan skill biasa saja, memiliki sebuah sepeda motor sport, tentu masih lebih mahal motornya. Karena ia tidak punya skill mahal apapun. “SAYA MURAH karena tidak punya skill mahal”.

Suatu saat, ada satu lowongan Solution Architect untuk ID-Networkers. Ditempatkan dalam project WiFi MRT dan bandara dengan range sekitar 40-an. Diharuskan memiliki sertifikasi CCNP/CCIE. Di sini jika kita menginginkan lowongan itu, siapkan skill dan segala syarat yang diajukan perusahaan itu. Contoh skill networking yang harus anda kuasai yaitu skill Cisco, MikroTik, dan Wireless. Dengan skill yang jelas, kita juga harus punya tujuan yang jelas. Tanpa adanya, tujuan yang jelas, skill anda sia-sia. Tahukah anda bahwa jumlah pengangguran terbanyak berdasarkan tingkat akademinya adalah SMK. Banyak orang mengira dengan masuk SMK, pasti lulusnya akan langsung kerja. Tapi, itu hanyalah doktrin masyarakat dari waktu ke waktu. Tanpa adanya tujuan, tidak akan ada satu pekerjaan pun yang anda dapatkan. Sudahkah anda punya tujuan bersekolah? “SAYA MURAH karena gak tau mau kerja apa”.

Salah satu ciri manusia mahal adalah melakukan apa yang orang lain tak mau lakukan. Dengan ini, anda pasti mampu meraih sesuatu yang orang lain tidak bisa meraihnya. Secara simpelnya, makin sedikit saingan, makin besar pula kesempatan kita mencapai hasil yang kita idam-idamkan.

Salah satu yang pernah terjadi dalam sejarah umat manusia adalah penaklukan Kota Konstantinopel. Kota tersebut merupakan kota yang makmur dan dikelilingi oleh benteng pertahanan yang sangat sulit ditembus. Dikelilingi oleh lautan dari 3 sisi sekaligus, yakni Selat Borphorus, Laut Marmarah, dan Tanduk Emas yang dijaga dengan rantai yang sangat besar. Dari daratan, kota ini dikelilingi tembok kokoh yang sangat tinggi, membentang dari Laut Marmarah sampai Tanduk Emas. Dilengkapi dengan menara-menara pemantau dan dipenuhi banyak tentara. Yang semakin menyulitkan musuh ialah dibuatnya sungai yang berada di luar tembok-tembok itu. Hal inilah yang menyebabkan Konstantinopel sulit ditaklukan.

Lalu pada tahun 93 M, kota ini jatuh ditangan Sultan Sulaiman bin Abdul Malik. Bagaimana bisa terjadi? Beliau melakukan apa yang orang lain tidak lakukan sebelumnya. Beliau dan pasukannya bisa membuat kapal-kapal Turki miliknya berjalan di atas daratan, meskipun rute yang ditempuhnya terjal, jauh, dan terkadang daratannya tak rata. Dengan perjuangan keras, maka beliau berhasil menaklukan kota Konstantinopel.

Dari kejadian tersebut, bisa dilihat buah dari orang-orang yang mau melakukan yang orang lain tak mau lakukan. Jika kita mau belajar lebih keras daripada yang lain, hasilnya kita dapat lebih banyak daripada orang yang belajar pada umumnya. Contoh dalam bidang networking, memperbanyak jam belajar guru 15 jam tiap hari. Terdrngar gila, bukan? Contoh lagi, training networking untuk anak kecil 15 jam tiap hari. Bayangkan anak sekecil itu sudah punya minat belajar yang tinggi. Contoh lagi, training Cisco expert 15 jam tiap hari. Dengan begini, anda bisa mendapat ilmu banyak dalam jangka waktu yang terbilang singkat.

Seorang pemain badminton yang bisa mengharumkan nama bangsanya, bagaimana ia berlatih? Keras, itu caranya. Hal ini dilakukan agar bakat dan mentalnya semakin kuat dan lebih cepat siap jika ditempatkan di tiap kompetisi. Beberapa orang yang sudah belajar keras dan mendapat manfaatnya di bidang networking adalah Muhammad Malik, bersertiikasi CCIE RS&SP dan sekarang bekerja di Apple Inc. Singapore. Lagi, Aries Sadewa, bersertifikasi MTCINE, umur 18 tahun ia mengabdi di Afrikabdengan bayaran yang mahal. Ada Untung Wahyudi, bersertifikasi MTCINE, bekerja di Dubai. Terakhit, Renny Kusumowardhani, bersertifikasi CCIE, bekerja di Telkom Indonesia. Dan masih banyak lag contoh lainnya. Jika kita mau bekerja keras, kelak hasilnya akan sesuai dengan usaha kita. Contoh, belajar keras selama 3 tahun, maka anda akan bekerja santai selama 30 tahun. Apa anda ingin belajar keras? “SAYA MURAH karena jam belajar saya sama dengan yang lain.”

Melamar pekerjaan membutuhkan sebuah Curriculum Vitae (CV). CV mencangkup kelebihan apa saja yang ada dalam diri seseorang. CV bernilai mahal jika orang tersebut punya kemampuan yang diperlukan perusahaan tersebut. Untuk menambah nilai CV anda, maka anda perlu menambah dan mengembangkan skill anda. Jika anda ingin mencari lowongan pekerjaan secara online, bisa melalui Jobstreet.com dan Jobsdb.com. Anda bisa langsung mencari lowongan yang sesuai dan melihat persyaratannya. Untuk langkah efektifnya, anda bisa mengelompokkan skill mana yang sudah anda kuasai dan yang belum dikuasai sesuai persyaratan yang diajukan perusahaan itu. Jika anda tidak mau meningkatkan dan menambak skill anda, kesempatan anda bekerja semakin menipis seiring berjalannya waktu. “SAYA MURAH karena tidak siap kerja”.

Superman memiliki sinar laser dan kekuatan terbang. Spiderman bisa memanjat dan mengeluarkan jaring seperti laba-laba. Thor punya kekuatan petir dari palu Mjolnir-nya. Ketiga superhero itu adalah contoh kalau mereka punya keunggulan. Contoh lagi, ada sekumpulan bebek abu-abu dan seekor bebek kuning. Mana yang anda pilih? Pasti bebek kuning, karena ia punya keunggulan daripada sekelompok bebek yang lain.

Sertifikasi Cisco punya 3 tingkatan. Dimulai dari CCNA dengan biaya rendah, dilanjut CCNP, dan terakhir CCIE dengan biaya puluhan juta untuk sekali sertifikasi. Tahukan anda bahwa expert Cisco di Indonesia hanyalah sebanyak 64 orang. Negara-negara tetangga bahkan memiliki lebih banyak expert. Seperti Malaysia (103 orang), Thailand (84 orang), dan Singapura (204 orang). Salah satunya adalah pak Dedi Gunawan, seorang expert dari Indonesia. Beliau sudah melakukan training, mengisi seminar, dan mengadakan bootcamp bertahun-tahun di berbagai penjuru dunia. Sebab beliau punya keunggulan. Apa anda sudah punya keunggulan? “SAYA MURAH karena tidak punya keunggulan dari yang lain”.

Haffizulhaq, seorang siswa kelas 10 sudah memiliki 3 sertifikasi, yakni MTCNA, CCNA, dan UEWA. Penulis-penulis yang tak berumur lebih dari 12 tahun sudah bisa menerbitkan hasil tulisannya di cergam seri Kecil-Kecil Punya Karya. Banyak juga karya tulis yang sudah diterbitkan Pesantren Networkers dan Pesantren Sysadmin milik IDN. Walikota Bandung, Ridwan Kamil berkata,  ” Hidup cuma sekali, jangan menua tanpa arti”. Jadi, sudahkah anda berkarya sepanjang hiduo anda?  “SAYA MURAH karena hidup belasan tahun tidak punya karya bermanfaat”.

Tingkatan skill seseorang ada 5 tahap. Dari tidak tau, menjadi tau, lalu jadi bisa, kemudian terampil, hingga menjadi seorang expert. Seorang pelukis hebat pasti dimulai dari pelukis yang buruk. Anda harus mengembangkan skill anda sampai ke level expert. Jika tidak, maka anda sama seperti yang lain. “SAYA MURAH karena hanya sekedar bisa”.

Anak kecil punya daya pikir tinggi. Merekq bisa main bola walaupun di lapangan berlumpur, mereka bisa menjadi superhero dengan sarung sebagai sayap, mereka bisa berimajinasi seolah berada di sebuah kapal dengan kardus. Mereka tak punya alasan untuk tidak melakukan yang ingin mereka lakukan. Apa sama dengan kit, belajar terbatas jam, fasilitas, atau bosan? Berarti anda belajar bukan untuk mencari ilmu, tapi mencari alasan. “SAYA MURAH karena kalau belajar kurang ini itu, gak ada ini itu, suka ngantuk, bosan, dan males, dll. (Karena kebanyakan alasan)”.

Tiap pelajar SMK pasti akan melewati masa-masa PKL. Kita tak boleh asal pilih tempat PKL, harus sesuai dengan jurusan kita. Selama PKL, usahakan belajar hal baru untuk menambah skill. Jika kita asal pilih tempat PKL, kita takkan mendapat apapun. “SAYA MURAH karena PKL asal PKL yang penting dapat tempat PKL”.

Bagi yang memilih jurusan networking, dituntut untuk mengetahui apa-apa saja teori yang ada di sana. Kita juga harua tau gambaran tentang dunia kerja industri jaringan. Contoh, diadakan kunjungan ke SMK Al-Islam Surakarta oleh ID-Networkers. Disana kita memeriksa susunan perangkat jaringan, server, topologi, dll. Jika kita tak mengetahui hal-hal ini, sia-sialah kunjungan yang dilakukan. “SAYA MURAH karena tidak tau gambaran dunia kerja industri jaringan”.

Jika anda sudah berada di level terampil atau expert. Mengapa tidak berbagi sedikit ilmu yang kita punya? Manusia dituntut untui mengajari suatu hal kepada yang lain meskipun hanya sedikit saja. Jika kita sering melakukan pengajarab, maka secara tidak langsung akan mengasak skill berkomunikasi kita. Jika anda tak punya terbiasa brrsosialisasi antar individu laib, bagaimana anda bertahan di dunia kerja yang mengharuskan kerja sama tim yang butuh skill komunikasi? “SAYA MURAH karena tidak punya skill berkomunikasi”.

Kesan saya setelah mendengar materi yang disampaikan pak Dedi adalah seminar ini sangat menakjubkan dan memberi kita semua pencerahan akan mindset yang sudah lama tertanam mengenai SMK dan dunia kerja. Action saya setelah mengikuti seminar ini adalah saya akan semangat belajar dan terus mengembangkan skill saya sehingga bisa berguna di dunia kerja dan membanggakan orang tua.

Acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng. Lalu penyerahan MikroTik RouterBoard sebanyak 20 buah. Dilanjut lagi dengan sertifikasi MikroTik.

Disambung dengan kegiatan foto bersama dengan undangan. Para murid dan guru sangat antusias untuk berfoto dengan pak Dedi. Hingga tiba di penghujung acara dengan pembacaan doa.

Harapan saya adalah semoga murid-murid SMKN 3 Jombang bisa menjadi manusia yang mahal dan berguna bagi nusa dan bangsa, Amin Ya Robbal Alamiin. Semoga artikel sekaligus Field Report ini bermanfaat 😀

tenor

Baca juga:  Seminar dan sertifikasi Mikrotik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s