Kenalan Yuk!: Mengenal Istilah Layanan GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE

“Sinyalnya kok ilang, Bro!?”

“Itu datanya belum lu nyalain haduh…”

Kali ini kita akan membahas apa yang judul katakan, cukup panjang bukan? Istilah-istlah tersebut biasa kita temui saat kita memakai internet di komputer, laptop, smartphone, dan sebagainya. Tapi, apa kalian tahu apa pengertian dan bedanya? Istilah-istilah tersebut merupakan bandwith koneksi yang kita pakai untuk internetan yang dipakai oleh operator/provider. Setiap istilah layanan tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda.

  1. GSM (Global System for Mobile Communications) atau 2G

gsm_logo_alt

Mendukung panggilan suara dan SMS dengan kecepatan 9.6 kbit/s. GSM merupakan tingkatan paling dasar dan hampir semua negara sudah memiliki jaringan ini. Tidak dapat tersambung ke jaringan yang lebih luas, seperti internet. Di semua ponsel termasuk ponsel yang jadul-jadul sudah ada teknologi ini tentunya.

  1. GPRS (General Packet Radio Service) atau 2.5G

7287232-gprs-mobile-technology-abstract-as-a-concept

Merupakan sebuah layanan komunikasi nirkabel (wireless) berbasis paket. Layanan inilah kita baru bisa merasakan koneksi internet dengan kecepatan download hingga 144 Kbps. Namun, saat panggilan suara berlangsung, data GPRS tak dapat terkirim secara bersamaan. Untuk mendapatkan layanan ini, kalian harus membeli paket data (biasanya kuota) dengan tarif yang berbeda-beda. Dilambangkan dengan huruf G pada bar sinyal.

  1. EDGE (Enhanced Data GSM Evolution) atau 2.75G

ifon3ge

EDGE merupakan sebuah sambungan layanan 2G yang dikombinasikan dari layanan-layanan sebelumnya. Sebenarnya layanan ini sejenis dengan GSM dan GPRS, namun setelah ‘dievolusikan’, kecepatannya lebih naik lagi dengan kecepatan download 384 kbps. Terkadang disebut juga 2.5 G karena layanan ini tidak mencapai spesifikasi layanan 3G. Biasanya dilambangkan dengan huruf E pada bar sinyal.

  1. 3G

z50

Layanan yang diperkenalkan lebih cepat dari pendahulunya. Berkemampuan untuk melakukan panggilan video dan streaming video (Youtube, Twitch, Vine, dll.) dengan kecepatan download hingga 3.1 Mbps. Jaringan ini memakai frekuensi radio yang berbeda dengan 2G, sehingga lisensi layanan ini juga terpisah dengan 2G, dan provider harus menambahkannya lagi. Dilambangkan dengan teks 3G pada bar sinyal.

  1. HSDPA (High-Speed Down-link Packet Access) atau 3.5G

logo35gmovistar

Sejenis dengan 3G, hanya saja lebih ditingkatkan sehingga memiliki kecepatan download yang cukup signifikan, yakni hingga 14 Mbps. Dilambangkan dengan simbol H pada bar sinyal.

  1. HSPA + (Evolved High Speed Packet Access)

hspa-lte

Adalah evolusi dari HSPA (HSDPA & HSUPA) dan berteknologi 4G. Memiliki kecepatan download hingga 168Mbps. Sehingga kegiatan internet yang cukup berat seperti game online dan streaming video pun akan bebas hambatan seperti lag dan buffer.

  1. 4G LTE (Long Term Evolution)

4g-logo

Sejenis dengan layanan 4G sebelumnya, namun memiliki tingkatan lebih tinggi lagi. Mendukung streaming video hingga 1080p dengan kecepatan download hingga 299.6 Mbps. Tentunya membutuhkan kuota yang cukup banyak, karena kecepatannya yang tergolong super, maka akan menguras banyak data dan bandwidth

Nah, sebenarnya layanan-layanan di atas masih banyak dikembangkan menjadi lebih canggih lagi. Salah satu rumor yang sudah terdengar adalah penemuan layanan 5G yang dilakukan di Inggris. Tak dipungkiri perkembangan teknologi, khususnya di bidang jaringan memang berkembang sangat pesat. Diharapkan dengan teknologi jaman sekarang bisa memudahkan hidup manusia. Sekian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s