Kenalan Yuk!: Mengenal Masalah yang Sering Terjadi pada LAN

“Waduh! Kabelnya kok digigitin tikus nih?”

“Tikusnya ngidam kali.”

Jaringan memiliki dua cara dilihat dari jalurnya, yakni LAN (berkabel) dan WAN (nirkabel). Untuk beberapa tempat seperti industri, kantor, dan sekolah kebanyakan memakai jaringan LAN. Di samping efektif dalam penggunaan, juga menghemat biaya. Meskipun tidak menutup kemungkinan mereka memasang jaringan WAN, namun jaringan LAN tetap dinomorsatukan. Namun, tiap jaringan pasti ada masalah yang menimpanya. Banyak sekali penyebabnya, namun tetap bisa diperbaiki selama kita tau faktornya. Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada LAN dan cara mengatasinya:

  1. Kabel dan Konektor Jaringan Bermasalah

broken-network-cable-8744062

Merupakan masalah fisik, biasanya dapat langsung dilihat meskipun sekilas. Masalah ini bisa menyebabkan performa jaringan LAN, bahkan memicu terputusnya jaringan. Untuk mendeteksinya, kita coba dengan mengecek kabel LAN memakai LAN Tester. Beberapa hal yang menyebabkan kabel dan konektor LAN bermasalah di antaranya kabel terjepit, kabel sudah berkurang kualitasnya, kesalahan penyusun kabel, konektor yang rusak atau terlepas, maupun kabel yang putus karena berbagai sebab.

Untuk mengatasinya, kita hanya perlu meng-crimping ulang kabel atau mengganti kabel yang baru bila perlu. Jika ragu, segera hubungi teknisi sehingga masalah bisa segera selesai.

  1. Kerusakan pada Hub dan/atau Switch

Network switch cables

Kedua perangkat tersebut merupakan periferal penting yang harus ada dalam kegiatan jaringan. Fungsi keduanya pun hampir sama, yakni memecah paket data dari server ke client atau user. Pendeteksian masalah pada hub dan switch pun terkadang agak sulit. Salah satu yang mudah adalah jika lampu indikator pada hub atau switch mati, padahal kabel LAN sudah tersambung ke hub atau switch, dengan komputer. Bisa jadi port tersebut rusak. Jika masih tidak bisa dilakukan ke semua port, kemungkinan ada kerusakan lain pada perangkat tersebut.

Cara mengatasinya adalah mencoba me-reset hub atau switch, mengganti ke port yang lain, atau jika sudah tidak bisa, segera mengganti dengan hub atau switch yang baru.

  1. Local Area Connection tak muncul

vista_e06

Kemungkinan besar disebabkan karena driver adapter LAN yang tidak berjalan dengan semestinya. Kalian bisa mengeceknya di Control Panel, atau dengan mengecek apa drivernya sudah terpasang dengan membuka Run pada Start Menu, lalu mengetikkan “devmgmt” (tanpa kutip), lalu Enter.

Cara menganggulanginya ialah dengan menginstall ulang driver adapter LAN tersebut. Dan pastikan driver tersebut cocok dengan hardware yang terpasang pada komputer atau laptop kalian.

  1. Transmisi Data (Download/Upload) Lambat

ps3-slow-download

Ini merupakan masalah yang umum. Dengan masalah ini, proses penyambungan dan autentikasi terasa lama dan memakan waktu yang sangat banyak. Tentu kita tak menginginkan hal ini. Biasanya disebabkan karena server yang sedang sibuk atau penuh, sehingga traffic-nya padat. Layaknya sebuah jalan yang sedang dalam kondisi macet. Namun, tak menutup kemungkinan disebabkan oleh user itu sendiri.

Cara mengatasinya adalah membatasi pengaksesan suatu informasi sebagai user, ataupun bisa dengan meningkatkan kinerja server itu sendiri. Cek juga masalah pada hub/switch dan kabel, serta perangkat user itu sendiri.

  1. Ikon Local Area Connection Tidak Muncul

win7-wifi-0003-01

Terkadang terjadi secara tiba-tiba, dan punya banyak penyebab. Bisa saja dari kabel, hub/switch, driver adapter komputer, maupun LAN Card itu sendiri.

Untuk mengatasinya, kita coba cabut, lalu pasang lagi kabel LAN, mungkin saja kurang pas. Jika belum berhasil, cek lagi pada kabel, hub/switch, atau perangkat milik user. Bisa saja sumber masalahnya ada di situ.

Setelah melihat masalah-masalah di atas, LAN bukanlah sebuah jaringan yang terlalu menyusahkan. Masalah-masalah di atas pun jarang terjadi jika kondisi server, client, dan jaringan LAN itu sendiri dalam kondisi prima. Sekian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s