Pengalaman Magang sewaktu SMK

“PKL? Pedagang Kaki Lima?”

“Praktek Kerja Lapangan woi!” *plak!

Sebenarnya aku melakukan magang ini lebih awal dari teman-temanku yang lain. Bermula dari notifikasi di ponsel kecilku yang memberikan informasi mengenai tempat magang. Tapi aku mengacuhkannya, lebih baik kuberikan ke yang lainnya saja. Tapi, suatu hari guru bengkelku yang biasa dipanggil Bu Amiroh, menelepon ibuku di kala siang. Singkatnya, ibuku bertanya apa aku mau magang di tempat itu, aku mengiyakan saja. Dan aku mendapat teman magang yang juga satu kelas, biasa dipanggil Agfa.

17dcp

Kami bersiap-siap ke tempat magang itu. Bertempat di Gresik, nama perusahaan itu adalah Duta Cipta Pakarperkasa. Kami berangkat ke sana pada hari Minggu, sehari sebelum pelaksanaan briefing di industri itu. Sebenarnya aku malas, karena hari Minggu adalah hari untuk bersantai. Tapi, mau bagaimana lagi? Lagipula, kami akhirnya bisa mendapatkan tempat kost lebih awal, jadi tak perlu repot di keesokan harinya.

mentor-coach

Kata orang, hari pertama adalah hari yang berat, itu wajar. Aku berkenalan dengan mentorku di sana, namanya Mas Fikri. Kami diajak tur di sekitar industri itu, juga melakukan pengenalan. Waktu terasa panjang.

Aku melakukan banyak pekerjaan di sana, kebanyakan reparasi sistem dan hardware, juga maintenance jaringan. Beberapa hal yang kulakukan di sana antara lain maintenance office station/server, perbaikan CPU dan perangkat lain seperti printer, scanner, dan sebagainya, perbaikan e-mail, juga apa yang user keluhkan, sebisa mungkin kami kerjakan. Hari-hari berikutnya terasa cepat sekali, karena kami hanya menunggu kapan jam kerja selesai. Terkadang melelahkan karena banyak keluhan, terkadang santai karena tidak ada pekerjaan. Dan beberapa kali, karena komputer di sana tidak pernah dimatikan, kumanfaatkan saja untuk men-download beberapa game dan film, lalu kutinggal semalaman. Tidak lupa aku mengerjakan tugas dan laporan, meskipun untuk tugas pada akhirnya tidak jadi dikumpulkan karena deadline yang samar-samar juga, hehehe… Aku juga agak terkejut saat penerimaan rapot, sebab nilainya sangat drastis… turunnya. Tidak apa, karena aku juga agak sibuk di tempat magang.

Seiring waktu berjalan, banyak orang yang kukenal di pabrik itu. Tidak hanya itu, aku juga mengenal beberapa orang yang berasal dari pabrik yang sama, tapi di cabang berbeda. Diantaranya adalah Mas Fatih, Mas Ryan (biasa dipanggil Mas Ateng), Bu Yuli, Bu Melisa, Pak Zaki, Pak Rudi, Mas Lukas, dan masih banyak lagi. Mereka berada dalam satu anak perusahaan bernama Duta Cipta Konsultama, bergerak di bidang jaringan dan pengelolaan data.

computer-technician-640x230

Setelah aku melakukan magang di sana selama 3 bulan, kami berdua mendapat tawaran perpanjangan masa magang, tentu aku mau. Karena di hari libur aku juga jarang mengunjungi sekolah, hehehe… Namun, aku dipindahkan ke cabang yang berada di Waru Gunung, Surabaya. Suasana di sana juga hampir sama, bedanya adalah user yang ingin kami kerja agak cepat. Aku di sana ditemani temanku yang lain lagi, namanya Adit. Untuk Agfa, tempat magangnya tetap. Untuk mentor di sana adalah Pak Zaki. Tapi, beberapa waktu kemudian diganti dengan Mas Lukas.

Kegiatanku di sana juga hampir sama, mengerjakan keluhan user, bersantai kalau tidak ada pekerjaan, kadang mampir ke kantin untuk sekedar beli cemilan. Satu cemilan yang kusukai adalah keripik singkong yang membuat ingin nambah lagi, hehe… Aku juga belajar banyak hal baru di sana, cukup berguna.

nj-computer-technician

Setelah 3 bulan perpanjangan, tibalah hari terberatku meninggalkan tempat magangku dan kembali ke kehidupan seorang pelajar. Aku mendapatkan atmosfir dunia kerja selama 6 bulan, pengetahuan baru soal komputer dan hal lain, dan menambah relasi. Aku sangat senang melakukan kegiatan magang di sana. Suatu hari mungkin aku bisa bekerja di sana. Bukan soal uang atau jabatan, tapi passion dan kepuasan batin yang didapatkan di sana.

Untuk kalian yang ingin magang, siapkan jiwa, raga, dan mental ya. Jangan lupa untuk mematangkan ilmu yang belum kalian kuasai, karena itu dipakai untuk nilai tambah di tempat magang kalian nanti. Sekian!

Leave a Reply

